WASPADA HOAX

Keluaran 23:1
“Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.


Oleh : Bpk Gembala

Apa itu hoax?
Berita yang seolah-olah benar tapi sebenarnya bohong

Yohanes 8:44
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Hoax bukan hal baru
Hawa yang digoda oleh iblis menunjukkan kecenderungan manusia berdosa untuk mempercayai apa yang ia percayai baik bagi dirinya, meskipun bertentangan dengan perintah Firman Tuhan.

Di masa perjanjian lama, di antaranya ada kisah nabi Hananya yang menentang nabi Yeremia uang menyampaikan nubuat pembuangan ke Babel. Nubuatan palsu nabi Hanaya tentunya memberi harapan palsu, membuat umat gagal memahami kehendak Allah (Yeremia 28:1-27)

Ancaman yang berbahaya diakhir zaman, Berupa hoax rohani, Yaitu menjalarnya ajaran palsu yang meruntuhkan iman jemaat.

1 Timotius 6:3-4
Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat — yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus — dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,

Bagaimana kita menghadapi Hoax dan ajaran palsu?
Dalam aurs berita bohong dan sistem pendidikan yang rawan menghadapi hoax maka kita harus setia dalam merenungkan Firman Tuhan sebagai pedang roh dalam perang terhadap kebohongan dan Alkitab adalah literasi yang teruji menghadapi aneka hoax yang ada. Dengan pertolongan Firman-Nya dan Roh Kudus yang memberikan hikmat sehingga kita dapat hidup dalam kebenaran.

Milikilah Roh Kudus. Agar kita diberikan hikmat untuk membedakan mana yang benar dan salah. Bahkan meneguhkan kita untuk tetap berada dalam jalan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *